logo blog

6 Minuman Dan Makanan Penyebab Jerawat

6 Minuman Dan Makanan Penyebab Jerawat


6 Minuman Dan Makanan Penyebab Jerawat
Makanan penyebab jerawat sering kali dikonsumsi tanpa disadari. Bahkan terkadang orang mengemari makanan-makanan yang sebenarnya menjadi penyebab timbulnya pada wajah mereka. beberapa makanan, memang diketahui memiliki kandungan-kandungan yang bisa memicu timbulnya jerawat. Kandungan-kandungan yang dimaksud seprti minyak, pengawet, pemanis, susu, kafein, garam dan lain sebagainnya.

Selain sebagai makanan yang dikonsumsi secara langsung, bahan-bahan makanan ini bisa juga digunakan sebagai campuran makanan yang tidak disadari masuk ke dalam tubuh kita. Tentunya dengan mengetahui makanan penyebab jerawat ini, kita akan menjadi lebih jeli dan perhatian terhadap apa saja yang dikonsumsi oleh tubuh . namun perlu juga disadari bahwa selain makanan memang ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah.

Tentunya hal ini berkaitan dengan kondisi tubuh sendiri dan juga beberapa hal lainnya yang berkaitan dengan kondisi luar tubuh. Maka untuk mengetahui penyebab timbulnya jerawat pada wajah sangatlah perlu kepekaan terhadap diri sendiri. Apakah penyebab timbulnya jerawat ini oleh makanan penyebab jerawat atau masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhinya.

Mengkonsumi makanan merupakan hal wajar yang dilakukan manusia setiap harinya. Tanpa mengkonsumsi makanan, tentu manusia tidak akan mampu bertahan hidup dalam waktu yang lama. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang bisa tergolong sebagai makanan penyebab jerawat.

Disadari atau tidak terkadang manusia mengkonsumsi makanan yang disukainya, bukan makanan yang dibutuhkannya. Alhasil berbagai macam masalah kesehatan muncul sebagai efek dari apa yang dikonsumsi individu tersebut. Dan salah satunya adalah masalah yang berkaitan dengan jerawat.

Sebagimana kata-kata bijak yang mengatakan “kita adalah apa yang kita makan”. Kata-kata yang sering di kampayekan oleh para ahli kesehatan ini mengambarkan bahwa betapa kondisi tubuh kita tergantung dengan apa yang kita makan. Jika tubuh diberi makanan yang bergizi dan sesuai kebutuhan tubuh pun akan menjadi sehat, dan sebaliknya, jika tubuh diberi makanan-makanan sampah, maka tidak heran jika individu tersebut akan mudah terserang sakit.

Berkaitan dengan masalah jerawat, sebenarnya ada beberapa makanan penyebab jerawat. Mengkonsumsi makanan penyebab jerawat dengan intensitas yang sering dan dalam jumlah yang banyak akan membuat wajah mudah untuk ditumbuhi jerawat. Tentunya hal ini perlu diperhatikan dengan baik agar makanan penyebab jerawat tidak memberi kenikmatan sesaat namun memberikan kerusakan pada wajah.

Adapun beberapa makanan yang di diagnosis menjadi makanan penyebab timbulnya jerawat adalah sebagai berikut:
1. Minuman bersoda
Mengkonsumi minuman bersoda tentu menjadi kebiasaan asyik ketika berkumpul dengan teman sembari menikmati tayangan film atau hanya sekedar menghabiskan waktu untuk berbincang. Namun tanpa disadari dengan mengkonsumsi minuman bersoda, Anda telah memasukkan aspartame dalam tubuh Anda. Perlu diketahui bahwa zat aspartame ini mampu mempengaruhi kestabilan PH kulit, dan ketidakstabilan PH kulit ini akan membuat wajah mudah untuk ditumbuhi jerawat.

Jika Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda dan Anda memiliki jerawat yang tak kunjung berhenti muncul, maka cobalah untuk berhenti mengkonsumsi minuman bersoda dan tunggu apa yang terjadi. kalau jerawat berhenti tumbuh ketika berhenti mengkonsumsi soda, maka kini Anda tahu bahwa penyebab wajah Anda dipenuhi jerawat adalah minuman bersoda.

2. Coklat
makanan penyebab jerawat yang paling memiliki banyak pengemar adalah coklat. Ya.. coklat memang menjadi makanan manis yang cocok dinimati disela-sela aktifitas yang menguras tenaga dan juga fikiran. Dengan mengkonsumsi coklat, sesaat pikiran kita akan menjadi rileks dan tenang.

Hal ini disebabkan karena coklat memang mampu membantu kinerja tubuh untuk mengeluarkan hormon serotonin, yakni hormon pembuat bahagia. Atas dasar inilah coklat dijadikan sebagai salah satu makanan yang bisa meredamkan stress.

Meskipun demikian, sebenarnya coklat juga akan menimbulkan masalah ketika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Salah satu masalah yang akan timbul ketika mengkonsumsi coklat secara berlebihan dalah masalah jerawat.

Jerawat-jerawat ini tumbuh karena coklat menjadi makanan penyebab jerawat yang mengandung kadar gula yang tinggi. Kadar gula tinggi ini mampu membuat hormon kulit menjadi kurang stabil dan membuat kulit mudah ditumbuhi jerawat.

3. Susu
Susu selain menjadi minuman yang langsung dikonsumsi juga bisa dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat makanan. beberapa makanan yang mengunakan bahan susu tentu sudah sangat banyak seperti kue, puding, dan bahkan beberapa masakan seperti gule pun juga ada yang mengunakan susu. Cita rasa susu yang khas memang menjadikan susu dan produk olahan susu banyak disukai, namun sebenarnya tidak semua orang cocok untuk mengkonsumsi susu.

Beberapa orang yang tidak cocok ketika mengkonsumsi susu akan mengalami berbagai macam reaksi, dari mulai diare, muntah dan ada yang mengalami jerawatan atau timbul banyak jerawat. Untuk orang yang tidak cocok mengkonsumsi susu dan menimbulkan efek jerawatan, maka sebaiknya tidak lagi mengkonsumsi susu. karena bagi orang yang bisa dikatakan alergi susu, susu bisa masuk kategori makanan penyebab jerawat.

4. Mie instan
Mie instan, makanan murah ini selalu memiliki pengemar setia. Bahkan setiap harinya toko-toko dan swalayan-swalayan berhasil menjual mie instans dalam jumlah yang signifikan. Hal ini menandakan bahwa pengemar mie instans memang masih sangat banyak. Meskipun banyak pula yang sudah meneliti mengenai efek samping ketika mengkonsumsi mie instans.

Perlu diketahui sebenarnya mie instans menjadi salah satu makanan yang menumpuk banyak racun dalam tubuh dan masuk dalam daftar makanan penyebab jerawat. Segala macam pengawet, penyedap rasa, garam tinggi dan bahkan ada yang mengatakan zat lilin pun masuk dalam kandungan mie instans.

Tentunya jika dipikir jernih semakin banyak mengkonsumsi mie instans, maka Anda akan semakin banyak menumpuk zat tersebut dalam tubuh Anda. Dan tanpa disadari timbuban lemak, gara dan juga beragam penyakit ini akan membuat tubuh bereaksi, dengan salah satunya yaitu timbul jerawat pada wajah.

5. Kopi
Kopi adalah minuman yang dipercaya bisa menambah stamina tubuh. Dengan mengkonsumsi kopi seseorang akan merasa tubuhnya lebih segar dan lebih bertenaga kembali. Hal ini bisa terjadi karena kopi merupakan minuman yang memiliki kandungan kafein.

Untuk beberapa saat kafein memang bisa menigkatkan energi tubuh, namun dalam waktu yang lama kafein ini bisa menyebabkan ketidakstabilan hormon dalam tubuh, dan kondisi ini bisa membuat kulit mengsekresi banyak minyak, minyak menyumbat pori-pori dan kemudian timbulah jerawat.

6. Gorengan
Makanan yang sangat akrab dengan lidah orang indonesia salah satunya adalah gorengan. Selain karena murah, gorengan juga memiliki cita rasa yang gurih dan sangat cocok sebagai teman untuk menghabiskan waktu ketika bersantai. Namun menikmati makanan penyebab jerawat gorengan ini sering kali mengabaikan resikonya. Salah satu resiko yang bisa diterima ketika mengkonsumsi gorengan adalah jerawatan.

Hal ini disebabkan karena gorengan melewati proses pengorengan dengan mengunakan minyak. Dan sebagaimana kita tahu bahwa minyak memiliki kandungan lemak yang sangat mudah tertimbun dalam tubuh. Salah satu tempat yang menjadi persembunyian lemak adalah kulit. Semakin banyak lemak yang tertimbun kulitpun juga akan semakin banyak mengsekresi minyak. Alhasil kulitpun akan menjadi berminyak dan mudah ditumbuhi jerawat.

Faktor lain penyebab jerawat

Selain makanan penyebab jerawat, jerawat juga bisa muncul karena berbagaimacam faktor. Salah satu faktor yang mempegaruhi tumbuhnya jerawat pada wajah adalah ketika orang tersebut mengalami stress. Kondisi stress akan mempengaruhi hormon dalam tubuh, sehingga hormon pada kelenjar kulit pun ikut berpengaruh dan menjadi mudah timbul jerawat.

Kondisi lain yang bisa menimbulkan jerawat adalah karena lingkungan yang kotor. Lingkungan yang penuh dengan debu, penuh dengan polusi, dan juga air yang kotor akan dengan mudah membuat wajah ditumbuhi jerawat. Bukan hanya itu, pola hidup yang jorok juga bisa menumbuhkan jerawat pada wajah, seperti malas mandi, malas membersihakan make up, malas mencuci muka, dan lain sebagainnya. Tentunya hal ini menjadi perhatian tersendiri untuk mencegah timbulnya jerawat selain menjauhi makanan penyebab jerawat.



Anda mempunyai keinginan serius ingin menghilangkan jerawat? Silahkan Klik Disini RAHASIA HILANGKAN JERAWAT

Boleh Anda SHARE Agar Lebih Bermanfaat:

Tidak ada komentar