logo blog

Mengatasi Gangguan Nyeri Saat Haid Dan Haid Tidak Lancar

Mengatasi Gangguan Nyeri Saat Haid Dan Haid Tidak Lancar


Mengatasi Gangguan Nyeri Saat Haid Dan Haid Tidak Lancar
ilustrasi blog tokopedia
Dalam menjalani hidup, wanita melewati beberapa fase perubahan alami di tubuh serta masalah yang menyertai, yaitu saat mengalami haid pertama, pertama kali berhubungan seksual, mengandung dan melahirkan sehingga menpause ( berhentinya haid ), salah satu masalah yang menjadi keluhan oleh kebanyakan wanita adalah adanya gangguan nyeri atau gangguan lain saat haid datang, meskipun dianggap lumrah , gangguan haid sangat mengganggu aktifitas dan kehidupan sehari hari.

Berikut Gangguan Yang Sering Terjadi Berkaitan Dengan Haid


Nyeri Payudara Siklis
Gangguan nyeri pada payudara atau di sebut nyeri payudara siklisberhubungan dengan siklus menstruasi yang berkaitan dengan fluktuasi kadar hormone atau juga karena sensivitas jaringan payudara. Sebagian wanita mengalami nyeri payudaradan sensitive tepat pada saat sebelum haid, sementara sebagian yang lain mengelami nyeri saat prses ovulasi , di tengah siklus hingga berlanjut sampai muncul haid.
Penyebab nyeri payudara siklis tentu saja hubungannya erat dengan siklus menstuasi dan merupakan bagian dari efek siklus tersebut. Selain itu fluktuasi kadar hormone yang menyebabkan keadaan dimana jaringan payudara menjadi sangat sensitive dan menyebabkan nyeri, Biasanya payudara sebagian besar wanita akan sedikit berbenjol saat beberapa hari sebelum menstruasi. Tidak usah panik karena benjolan akan hilang setelah menstruasi berahir.

Dismenorea
Dismenorea adalah jenis gangguan nyeri yang terjadi saat haid terjadi pada 75 persen wanita sepanjang usia prduktifnya. Ada dua jenis dismenorea dalam istilah kedokteran, dismenorea primer dan dismenorea skunder.
Dismenorea Primer biasanya terjadi dua atau tiga tahunsetelah haid dimulai dan ovulasi berlangsung dan biasanya penyebab dari kelainan ini tidak ditemukan, gangguan ini seringkali hilang pada rentang usia 25 tahun dan setelah kelahiran anak. Namun dalam beberapa kasus masih terjadi hingga usia 30 tahun. Sebaliknya dismenorea skunder lebih banyak terjadi pada usia dewasa dan menyebabkan kram perut yang terjadi 1 atau 2 minggu sebelum haid.

Gejala yang biasanya muncul akibat gangguan nyeri saat haid atau dismenorea adalah: kram perut yang berlangsung selama tiga hari pada awal haid, diare, sering buang air kecil, berkeringat, rasa nyeri pada pinggul dan menjalar hingga bagian paha dan punggung, kembung, nyeri punggung, mual dan muntah.
Biasanya penderita dismenorea menghasilkan hormone prostaglandin dalam jumlah yang berlebih, pada saat haiddan sangat sensitive terhadap hormone ini. Prostaglandin adalah hormone yang dilepas saat melahirkan dan berperan dalam konstraksi rahim. Oleh karena itu dismenorea dianggap sebagai persalinan kecil karena ditandai dengan kejang otot rahim mirip dengan kram yang terjadi saat melahirkan. Sebagian kecil darah haid mengalir ke tuba fallopi dan menimbulkan iritasi yang kemudian menimbulkan rasa nyeri saat haid.

Menstruasi Berat (Menoragia)
Menoragia adalah keadaan tidak wajar yang terjadi saat menstruasi dimana darah haid yang keluar lebih banyak dari biasanya (abnormal) dan terjadi dalam waktu yang lebih lama. Penderita menoragi  biasanya banyak terjadi pada wanita yang mendekati usia menopause, wanita pengguna IUD dan penderita mioma. Kondisi ini terjadi sebagai akibat tidak adanya hormone progensterone yang berperan mengendalikan kehilangan darah haid dan pertanda tidak ada ovulasi yang berakibat timbul timbunan lapisan rahim yang ahirnya terlepas secara alami. Maka terjadilah pendarahan berat yang tak terkendali.

Amenrea
Adalah kondisi dimana wanita kehilangan menstruasi dan merupakan kebalikan dari menoragia dalam medis di kenal dua jenis amenorea , yakni amenorea priemer dan skunder, amenorea primer kondisi dimana wanita tidak pernah mengalami siklus haid sementara amenoria skunder siklus menstruasi terjadi secara lambat dan abnormal yang terjadi dalam empat bulan atau lebih. Amenorea bukan berarti anda sakit hanya saja ini merupakan indikasi anda tidak bisa menghasilkan sel telur dan tidak dapat mengandung.

Kelambatan pubertas dianggap sebagai salah satu penyebab terjadinya amenorea primer. Penyebab lainya adalah kelainan pada system reproduksi atau hormone . sementara amenorea skunder lebih banyak terjadi akibat kehamilan dan gangguan keseimbangan hormon oleh sebab lain seperti wanita menyusui, penyebab lain yang di anggap cukup serius adalah akibat kekurangan berat badan yang berlebih. Stress, penyakit kronis seperti tiroid dan pengobatan jangka panjang antidepresi.

Sindrom Pra Menstruasi (PMS)

Meskipun berbagai gejala yang menimbulkan rasa sakit dan mengganggu yang menyerang beberapa wanita sebelum menstruasi. Ada 150 gejala yang berhubungan dengan PMS ini dengan jumlah dan jenis gejala yang bervariasi pada setiap orang. Meski gejala yang di timbulkan PMS berbeda pada setiap wanita, namun berikutnya meliputi hal hal berikut : ketegangan, marah, depresi, sakit kepala dan tidak mampu berkonsentrasi , gejala lain adalah nyeri payudara, pembengkakan pada pergelangan kaki, palpitasi, perubahan gairah seksual,pusing, perubahan kebiasaan makan , sulit tidur malam hari, ingin pingsan,hingga gangguan pada pencernaan.

Tentu tidak satupun wanita mengalami semua gejala ini, dan jika anda mengalami gejala PMS setelah beberapa hari menstruasi, mungkin itu bukan PMS . Oleh karena itu segera konsultasikan ke dokter. Seperti diketahui, PMS berhubungan dengan hormone menstruasi yang dapat menimbulkan gejala fisik dan psikologis . penderita depresi pasca kehamilan juga cenderung mengalami PMS. Pada awalnya PMS dianggap sebagai akibat kurang hormone progesterone, namun belakangan para ahli sepakat bahwa penurunan hormone estrogen juga menimbulkan gejala PMS. Faktor usia juga berpengaruh terhadap terjadinya PMS, terutama saat usia 40an. Faktor genetic juga disebut sebut sebagai pemicu PMS, namun hal ini belum bisa dipastikan.

Berikut Tips Cara Mengatasi Nyeri Haid
  • Olahraga ringan saat haid, namun hindari olahraga berat.
  • Hindari konsumsi alcohol,kopi, dan juga coklat dan dapat meningkatkan kadar estrogen yang nantinya dapat memicu lepasnya prostaglandin. Hindari juga makanan bersuhu dingin missal es krim.
  • Konsumsi vitamin E , vitamin B6, atau minyak ikan.
  • Konsumsi sayur dan buah buahan serta makanan rendah lemak.
  • Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi sakit perut saat haid :
  • Kompres dengan botol panas (hangat)tepat pada bagian yang terasa kram (bisa di perut atau pinggang bagian belakang)
  • Mandi air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenagkan diri
  • Minum minuman air hangat yang mengandung kalsium tinggi
  • Mengosok gosok perut/pinggang yang sakit
  • Ambil posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah. Ini bisa membantu relaksasi
  • Tarik napas dalam dalam secara perlahan untuk relaksasi
Nutrisi Tiens Untuk Menyembuhkan Dan Mencegah Nyeri Haid

Haid Tidak Lancar
Kalsium (1x1 sachet/hari) Guna meningkatkan daya tahan tubuh
Zinc Capsules (2x2 kapsul/hari) untuk mengaktifkan hormone pengatur siklus menstruasi

Nyeri Haid

Kalsium (1x1 sachet/hari) sebagai pengatur siklus menstruasi
Chitin Chitosan (2x2 kapsul/hari) guna membantu melancarkan haid
Spirulina (2x3 kapsul/hari) mengandung nutrisi yang di butuhkan

Harga Nutrisi Tiens Untuk Nyeri Haid Dan Haid Tidak Lancar
Kalsium NHCP = Rp.244.000,- Harga Distributor Rp.212.000,-
Zinc Capsulle = Rp.144.000,- Harga Distributor Rp.125.000,-
Chitin Chitosan = Rp.455.000,- Harga Distributor Rp.396.000,-
Spirulina = Rp.365.000,- Harga Distributor Rp.317.000,-

Harga Paketan
Paket Haid Tidak Lancar
Kalsium NHCP + Zinc Capsules = Rp. 388.000,- Harga Distributor Rp.337.000,-
Paket Nyeri Haid
Kalsium NHCP + Chitin Chitosan + Spirulina = Rp.1.064.000,- Harga Distributor Rp.925.000,-

PESAN SEKARANG
SMS +6287.778.955.135
PIN BB 27B35D82

Perhatian : Suplemen Tiens bukan pengganti obat dokter, melainkan berfungsi sebagai pelengkap terapi medis. Beri jeda waktu antara penggunaan produk Tiens dengan obat dokter sekitar 90 menit. Sebaiknya pada saat menstruasi ganti pembalut setiap 2 jam (agar diperoleh efek terapi yang maksimal).
Tips : Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang setiap hari. Olahraga teratur. Istirahat cukup (8 jam/hari). Berpikir positif.

Boleh Anda SHARE Agar Lebih Bermanfaat: